Langit Biru

Langit Biru




Bintang-bintang. Di situlah semua ini berakhir. Bukan hanya satu atau dua, tetapi ledakan mereka. Punyaku kecil dan biru dan putih-panas, tapi tidak terbakar. Ini menyegarkan. Pembersihan, di satu sisi. Seperti saya sedang dicuci di air terjun perak . . .

Saya terbangun dalam kegelapan. Cahaya bulan disaring melalui jendela yang terbuka. Angin sepoi-sepoi dengan lembut bermain-main dengan tirai yang dibatasi. Dua suara melayang masuk dari ruangan lain, tenang tapi bermusuhan. Mereka bertengkar lagi.

"—Menurutku itu tidak adil."

"Yah tidak ada tentang semua ini yang adil, Noelle! Apakah Anda pikir saya ingin seperti ini? Salah satunya? Tapi kita harus menghadapi kenyataan. Dia tidak menjadi lebih baik, dan jika aku bisa menggunakannya untuk kebaikan karavan—"

"Gunakan! . . . Apakah kamu bahkan mendengarkan dirimu sendiri sekarang?"

Pria itu menghela nafas. "Apakah begitu banyak bagiku untuk hidup? Bagi saya ingin kita hidup? Jika bukan karena satu hal ini, dia tidak akan punya hal lain untuk ditawarkan."

"Itu terlalu sederhana, Claus. Dan kejam. Dia mencintaimu."

"Dan aku mencintainya! Dan dia pergi sekarang. Dia yang mencintaiku sudah pergi sekarang."

Melalui ambang pintu aku bisa melihat gadis itu, Noelle, menggelengkan kepalanya. "Ini salah. Menempatkannya dalam bahaya, memperlakukannya seolah-olah dia masih kecil? Semuanya salah."

Papan lantai di bawah kakiku berderit. Mereka berbalik seolah-olah saya adalah penyusup. Saya melangkah keluar ke kamar.

"Saya mendengar teriakan. Apakah semuanya baik-baik saja?"

Noelle bergegas mendekat dan memelukku. "Ayo, Skye," celetuknya. "Aku akan menyelipkanmu ke tempat tidur."

Kami melarikan diri kembali ke dalam ruangan, ke dalam kegelapan, dan di bawah selimut. Dia bertanya berapa banyak yang telah saya dengar dan meminta maaf atas perilaku Claus, tetapi dia tertidur tak lama kemudian. Saya tidak bisa marah. Saya tidak bisa menyalahkan Claus karena merasa seperti dia. Keadaan kami, pada kenyataannya, tidak mungkin. Dan tidak adil.

Lihat, di beberapa titik di masa lalu saya, telah terjadi kecelakaan. Siapa pun saya sebelum saat itu, menghilang. Dunia adalah tempat yang aneh dan asing sekarang, di mana saya bangun setiap hari membutuhkan Noelle dan Claus untuk mengingatkan saya siapa mereka.

Noelle masih punya harapan. Dia suka menunjukkan kepada saya foto kami yang sama dan mengklaim bahwa kami adalah saudara perempuan, meskipun tikar gelap saya sama sekali tidak menyerupai kunci auburn-nya. Terkadang, saya mempertahankan ingatannya jika sesuatu yang cukup dalam terjadi sehari sebelumnya, tetapi itu tidak cukup untuk meyakinkan Claus yang kurang optimis.

Dia adalah tunangan saya, atau begitulah saya diberitahu. Saya tidak yakin apakah itu yang masih kami lakukan. Saya tidak begitu yakin dia menyukai saya yang baru. Dia tampaknya percaya bahwa apa pun yang ada di dalam diri saya yang hilang tidak akan pernah kembali.

Aku menoleh ke Noelle dan membelai rambutnya, bertanya-tanya apakah aku akan mengingatnya besok. Jenis perkelahian ini biasanya membantu ingatan saya. Saya tertidur tidak yakin apakah dia telah menghibur saya, atau apakah saya yang melakukan penghiburan.

Kami bangun pagi-pagi keesokan harinya. Saya mengenali Noelle. Dia telah ternoda air mata dan kesal tadi malam. Di ruangan lain, seorang pria jangkung, berotot, dan tampan duduk di kursi di bawah jendela. Dia merasa sangat akrab, tetapi saya masih perlu mendengar sebuah nama. Claus memberiku tatapan sedih yang sama yang selalu dia berikan padaku.

"Biru," sapanya malu-malu. "Bagaimana perasaanmu hari ini?"

Saya tidak menjawab dan menatap beberapa noda di meja makan yang dipernis. Noelle mendesak kami untuk duduk saat dia menyajikan sarapan untuk kami. Untuk sesaat hening. Ketukan garpu dan sendok memenuhi keheningan di antara kami. Kemudian Claus menoleh padaku.

"Jadi, kita akan melakukan ekspedisi hari ini. Brooks, pemimpin kami, berpikir sudah waktunya kami melanjutkan. Bagaimana, Biru. Peduli untuk bergabung dengan kami?"

"Tentu," jawabku kaku, mencoba mengingat apakah dia sering mengundangku.

"Oh tentu, tinggalkan aku untuk melakukan semua pekerjaan rumah. Halus. Saya mengerti bagaimana itu." Noelle menyilangkan tangannya dengan cara cemberut. Dia tidak bersungguh-sungguh, tentu saja. Mereka menyebutnya sarkasme. Tapi, ada beban pada tatapannya yang mengingatkanku pada suasana hati tadi malam.

Kami bersiap-siap segera setelah sarapan. Dia mengajari saya cara memakai masker gas dan baju hazmat. Kemudian kami berangkat untuk bertemu dengan penduduk kota lainnya.

Seorang pria mendekati Claus segera setelah kami muncul. Mereka berjabat tangan sebelum dia menoleh ke arahku.

"Skye," katanya dengan anggukan. Aku mengangguk kembali. Saya tahu siapa dia! Brooks. Kecuali, untuk beberapa alasan, ingatan saya tentang dia melibatkan janggut garam dan merica yang berbintik-bintik dalam darah dan debu.

Dia menyingkir dan memperkenalkan saya kepada tiga orang lain yang akan bergabung dengan kami. Tangan kanan Brook, Hung, seorang pirang bernama Charlie, dan pemburu game kami, Rodrick. Tak satu pun dari mereka akan bertemu mataku kecuali Charlie, yang tersenyum sambil mengedipkan mata.

Brooks mengambil poin saat kami pergi dengan Claus dan saya mengambil bagian belakang. Sewaktu kami berjalan keluar dari jaring pepohonan yang rimbun dan indah, saya perlahan-lahan tidak bertanya-tanya tentang apa yang telah saya lakukan untuk menyinggung mereka semua dan lebih khawatir tentang mengapa dunia di sekitar kami jatuh ke dalam pembusukan total. Semakin jauh kami berkelana dari karavan kecil kami, semakin coklat dan mati dan tercemar semuanya. Aku berpihak di samping Claus.

"Apa yang terjadi di sini? Mengapa seperti ini?"

Dia menghela nafas. "Bukannya aku belum mengulangi ini padamu berkali-kali sebelumnya, tapi ini adalah dunia kita sekarang. Kami kacau, Skye. Kami menghancurkan segalanya."

"Bagaimana?"

"Itu bukan hanya satu hal, jujur saja. Tanda-tanda peringatan ada di sana, tetapi kami menolak untuk bertindak. Sekarang ibu pertiwi runtuh, dan dia menjatuhkan kita bersamanya."

Saya terdiam. Sebagian dari saya senang bahwa saya tidak ingat umat manusia jatuh ke dalam Armagedon.

Beberapa jam kemudian kami memutuskan untuk berkemah. Mereka membangun perapian di atas lubang yang telah dibakar sebelumnya. Semua orang duduk melingkar untuk menyaksikan Brooks memasak beberapa telur dan irisan daging yang dibawa Hung bersama kami. Saya duduk paling jauh, masih tidak nyaman dengan banyak dari mereka.

Sama seperti pikiran untuk menjadi orang buangan mulai tenang, saya menyadari ini bukan pertama kalinya itu terjadi. Aku mendongak, dan tiba-tiba seperti Deja Vu. Saya mendengar dentang wajan dan desis telur dan kutukan Brooks yang berbeda dari para dewa bergema hanya beberapa detik sebelum itu terjadi. Aku keberatan dengan erangan dan melihat wajah-wajah kesal dan minum dalam aroma lemak bacon yang indah sebelum melihat ke atas dan mengutuk diriku sendiri karena membiarkan sinar matahari menembus pepohonan menerpa mataku lagi. Ada seringai dan mengangkat bahu saat Rodrick membungkuk ke arah Charlie dan berkata,

Hanya keberuntungan kami. Ini adalah -

"Apa yang kami dapatkan karena mengundang penyihir itu lagi," kata kami berdua serempak, lalu kami saling memandang.

Ini adalah bagian di mana saya seharusnya lari dengan perasaan terluka oleh hal-hal yang dia katakan. Sebaliknya, saya berdiri dan dengan tenang pergi. Saya mengikuti jalan setapak melalui hutan yang pernah saya lewati, tetapi sekarang tahu cabang mana yang tidak boleh dilalui. Aku bisa mendengar langkah kaki Claus di belakangku, berteriak sama, "Ayo, Blue! Jangan menganggapnya pribadi. Mereka hanya bercanda!"

Saya jatuh ke dalam sprint dan berubah menjadi dedaunan yang belum dibersihkan. Saya tidak bisa membiarkan dia menangkap saya sebelum kami membentaknya. Saya ingin melihat ekspresi keheranan di wajahnya ketika kami menemukan warna biru tua dan hijau cerah serta putih berbusa dari air terjun. Dia menyusul saya dan kami menabrak sikat. Dia kesal dan gelisah, tetapi itu dengan cepat memudar ketika saya menunjuk jari saya dan dia menyadari bahwa dia mendengar suara air yang segar dan mengalir.

Danau kecil itu, seperti marmer biru, sangat jernih. Pepohonan di puncak masih semarak dan asri. Saya melepaskan takik topeng saya, dan dia memprotes sampai dia melihat saya menghirup udara dan tidak jatuh ke kaki saya terengah-engah. Dia menunggu hanya beberapa saat sebelum melepas topengnya juga. Dia benar-benar terpesona.

"Ya Tuhan, ini keajaiban! Saya tidak berpikir tempat-tempat seperti ini bisa ada lagi."

Dia berlutut di tepi air dan melirik bayangannya. Ada ikan - ikan berwarna-warni yang gennya tidak terkontaminasi oleh radiasi dalam jumlah besar. Dia berdiri dan menatapku lagi, dan ada kebaikan di matanya yang tidak biasa kulihat.

"Kamu melakukannya lagi," katanya sambil tersenyum. "Bagaimana kamu bisa menemukan tempat ini? Bagaimana Anda bisa tahu ini ada di sini?" Tangannya menangkup pipiku, dan aliran panas membasuhku.

Sekali lagi kata-kata itu luput dariku. Aku meraih lenganku dengan sadar, tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan kasih sayangnya.

"Bagaimana saya tahu sesuatu? Aku baru ingat kita pernah ke sini sebelumnya."

Senyum di wajahnya menegang, tapi dia menarikku untuk mencium keningku.

"Ayo, mari kita kembali ke yang lain. Kita harus segera memberi tahu Brooks."

Mereka tidak percaya mendengar berita itu. Bukan karena saya ingat. Itu hanya hal yang logis untuk diharapkan. Setelah kami menunjukkan kepada mereka area tersebut, dan Claus mendemonstrasikan bahwa dia dapat melepas topengnya, mereka sampai pada kesimpulan cepat bahwa kami perlu memindahkan karavan ke sini secepatnya. Perjalanan akan dimulai besok, sedini mungkin sehingga kita memiliki cukup siang hari untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Perjalanan pulang jauh lebih mengundang. Hung dan Brooks jauh lebih chipper dan ramah sekarang karena saya telah menjadi keselamatan mereka lagi. Tentu saja, saya tidak yakin persis apa yang mereka bicarakan. Saya tidak cukup peduli untuk bertanya.

Malam itu, mimpi aneh lainnya terbentuk di alam bawah sadarku. Saya berjalan ke pintu masuk karavan kami. Charlie ada di sana, menungguku. Dia mempesona untuk dilihat, dengan angin mengacak-acak ikal kuningnya dan cahaya obor terpantul di mata birunya. Dia tidak begitu senang melihatku. Ekspresinya muram dan gelap.

"Ini salahmu kami binasa. Skye, kamu akan menjadi kematian kita semua."

Saya bangun dari tempat tidur. Jantungku berdetak kencang di telingaku. Nafasku keras dan berat. Claus dan Noelle berpelukan erat di ranjang lainnya. Tak satu pun dari mereka bergerak. Diam-diam aku berjingkat keluar rumah dan mencari tempat di mana aku melihat Charlie. Benar saja, dia ada di sana. Saya tidak berpikir dia begitu tampan seperti dalam mimpi.

"Kurasa kamu sudah tahu kenapa aku di sini," kata Charlie dengan aksen yang kental.

"Ya," aku mengangguk. "Kamu entah bagaimana berpikir aku akan membunuh kita semua."

"Saya tidak berpikir," katanya, memutar tumitnya dan mendekat. "Aku mengerti."

"Oh iya? Dan bagaimana mungkin kamu bisa mengetahui hal seperti itu?"

Dia merogoh saku dan mengangkat moleskin kecil. Kemudian, dalam mimpiku, aku bisa mendengar dia memberitahuku.

Saya membaca ini setiap pagi untuk mengingat siapa saya dan semua orang di kota ini. Saya tahu siapa Anda, Skye Owens, dan saya tahu semua tentang kemampuan kecil Anda.

Aku melirik wajahnya yang sombong.

"Ingat?" hanya itu yang dia katakan. Kemudian itu memukul saya.

"Kamu seperti aku."

"Bingo."

Saya tercengang. "Bagaimana itu mungkin?"

"Saya tidak yakin. Seperti Anda, saya tidak ingat apa pun yang terjadi sebelumnya. Saya hanya ingat apa yang terjadi di masa depan, dan di masa depan, Anda adalah alasan mengapa kita semua akhirnya mati."

Aku mengerutkan kening. "Itu tidak mungkin. Saya tidak berharap kematian menimpa salah satu dari kita. Akhir yang saya lihat hanyalah . . .

Semburan bintang. Ledakan... Tiba-tiba aku menatapnya lagi.

"Aku tahu kamu tidak melakukannya dengan sengaja, lass. Percakapan ini telah meyakinkan saya bahwa Anda sama baiknya dengan mereka yang lain. Yang membuatku hanya satu hal yang harus dilakukan."

Dia berjalan kembali ke pintu masuk karavan. Dia menyandarkan bungkusan di atas tasnya dan meletakkan masker gas di atas kepalanya.

"Mau kemana?"

"Untuk menghentikanmu, atau untuk mencoba, bagaimanapun juga. Hanya pilihan seorang anak laki-laki di posisi saya yang memiliki." Dia memunggungi saya.

"Menunggu!" Teriakku, gelisah. "Kamu tidak bisa pergi begitu saja. Berbahaya di luar sana!"

"Aku perlu memulai sisa karavan untuk menyingkirkan semua bahaya sebelum mereka menyingkirkan kita." Tatapannya melembut saat itu. Dia bahkan tersenyum kecil. "Jangan takut, lass. Sampai jumpa dalam sehari." Kemudian dengan mengedipkan mata, dia pergi.

Saya kembali ke rumah pohon dengan bingung dan gelisah tentang pertemuan itu. Saat saya berbaring di tempat tidur, pikiran yang terus-menerus saya coba lawan kembali menghantui.

Saya bertanya-tanya apa yang terjadi pada saya. Dan untuk Charlie. Saya bertanya-tanya mengapa saya tidak dapat mengingat masa lalu, dan mengapa saya hanya dapat mengingat masa depan dalam cuplikan. Saya mencoba memaksakan diri untuk melihat apa pun selain bintang. Saya mencoba memaksakan diri untuk mengungkapkan apakah saya akan melihat Charlie lagi. Rasanya seperti mencoba mengingat mimpi yang sudah hilang.

Keesokan paginya seluruh karavan penuh sesak dan siap berangkat pada siang hari pertama. Kami bergerak bersama, berjalan dengan kecepatan yang jauh, jauh lebih lambat daripada tim ekspedisi kemarin. Saya cemas. Apakah hal yang baik kami memakan waktu begitu lama atau apakah Charlie dalam bahaya saat ini berharap kami akan bergegas dan menemukannya? Saya tidak sengaja mendengar dia meninggalkan catatan yang mengatakan dia akan mengintai rumah baru kami, tetapi sepertinya tidak ada yang terlalu khawatir.

Semakin dekat kami ke tujuan kami, semakin rasa takut ini menetap di lubang perut saya. Mengapa saya tidak bisa mengingatnya? Hadiah ini yang saya miliki. Akan terasa lebih seperti berkah jika saya benar-benar dapat menggunakannya daripada merasa seperti menggunakan saya.

Noelle muncul di sampingku, menghubungkan lengannya ke lenganku. Dia berbicara tentang bagaimana dia mendengar dari Hung bahwa gadis ajaib telah berhasil menemukan ruang aman lagi. Aku tidak memberitahunya tentang Charlie. Saya tidak ingin menyebarkan rasa panik yang tumbuh di dalam diri saya.

Hari sudah senja saat kami mencapai api unggun kemarin. Matahari telah tenggelam jauh lebih cepat dari yang kami harapkan, dan memotong sedikit pohon terakhir untuk sampai ke danau itu menakutkan bahkan bagi yang paling berani. Tak satu pun dari kami pernah melihat Charlie, dan fakta itu sepertinya hanya mengomel saya dan Brooks, yang terus melirik ke cakrawala dengan khawatir. Mereka memerintahkan kami untuk berkemah, dan Noelle menarik saya.

"Kamu tidak keluar dari pekerjaan rumah kali ini," katanya sambil mendengus.

Ketika tenda kami didirikan, Noelle langsung pingsan. Claus memikirkan makanan di api unggun, dan Hung dan Rodrick mengelola tangki oksigen. Itu adalah kesempatan sempurna untuk menyelinap pergi.

Saya menenun melalui dedaunan sambil berpegangan pada ketenangan. Itu datang kepada saya lagi, perasaan bahwa saya telah melakukan ini sebelumnya, dan sepertinya saya melangkah ke jejak kaki yang saya tinggalkan untuk diri saya sendiri. Air terjun mulai terlihat, dan dalam cahaya bulan purnama, mataku minum dalam semprotan peraknya. Saya melepas masker gas dan duduk di sebelah air.

Pemandangan itu membawa semuanya kembali lagi. Perasaan Deja Vu yang saya coba paksa sepanjang hari tiba-tiba kembali dengan mudah. Saya memejamkan mata dan membiarkan ingatan itu mengambil pikiran saya.

Saya berjalan lagi, kali ini di sisi air terjun. Itu lebih sederhana pertama kali. Saya tidak mencari Charlie, hanya pemandangan yang lebih baik. Ketika saya mencapai puncak, saya mengikuti cakrawala dunia di sekitar saya, mencoba membedakan antara kegelapan pepohonan dan kegelapan langit. Saya berjalan mundur menuju tebing. Kakiku merasakan lembutnya Bumi menjadi pelat tekanan logam.

Mataku berkedip terbuka. Saya melompat berdiri mengetahui bahwa bukan lagi kaki saya yang harus saya khawatirkan. Saya bergegas ke sisi bukit secepat yang saya bisa, memadamkan api di kaki dan paru-paru saya. Sebelum saya mencapai puncak, dunia bergemuruh dan meraung dan meletus di bawah saya. Saya tercengang. Saya tidak bisa mendengar. Saya sedang terbang. Saya jatuh, dan untuk waktu yang lama, saya tidak yakin saya bahkan sadar.

Ketika akal saya kembali, saya menyadari bahwa saya berada di dalam air, menatap ke langit. Aku mengangkat kepalaku ke gema ratapan di kejauhan. Saya melihat Brooks lagi, dalam pikiran saya, janggutnya merah dan garam dan merica. Rodrick berteriak, tidak bisa memindahkan gerobak tangki oksigen yang jatuh di Hung. Noelle masih tertidur di tempat tidurnya, dan aku tahu dia tidak akan pernah bangun lagi. Sebelum saya bisa melihat orang lain, saya membiarkan telinga saya tenggelam di bawah permukaan ke tempat yang sunyi.

Saya tidak tahu apakah saya masih memiliki anggota tubuh saya. Saya tidak ingin memeriksanya. Saya tidak berpikir saya bisa merasakan diri saya menggerakkan ekstremitas saya. Airnya sangat, sangat dingin. Pernahkah Anda menyentuh sepotong es begitu lama terbakar? Seperti itulah rasanya. Luka bakar yang terasa enak. Itu terasa membersihkan, karena lebih baik tidak tahu. Saya melayang di atas bintang biru saya untuk sementara waktu, bertanya-tanya apakah saya pernah tahu nama-nama rasi bintang yang mengelilingi saya.

Kemudian saya memejamkan mata dan hanyut, tenggelam dalam suara air terjun perak.

By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Coriarti

Kepompong

Kepompong Issoria telah mencapai tingkat mati rasa, meskipun jarum mendorong masuk dan keluar dari kulit di punggungnya; jika dia cukup fok...